Hidden Kuliner di Jogja

0
89
Gudeg Pawon

Rasanya nggak lengkap kalau berkunjung ke Jogja tapi nggak cobain kulineran. Di Jogja kalian masih bisa menemui jajanan tradisional dan kuliner legend yang masih laris manis dengan harga yang terjangkau.

Untuk yang sering ke Jogja jangan sampai hanya mencoba kuliner yang itu-itu aja. Banyak sekali kuliner Jogja yang bisa dijelajahi. Kalian bisa blusukan melewati gang-gang dan pedesaan seperti tempat kuliner-kuliner di bawah ini yang terletak di tengah pemukiman atau pedesaan pinggiran Jogja. Mana aja sih ? Simak yuk ulasannya !

  1. Soto Ngadiran

Soto Ngadiran terletak di Caturtunggal, Sleman dekat dengan kampus UGM dan berada di tengah-tengah kampung. Soto ini sangat stratergis berada di lingkungan anak kosan. Sehingga soto Ngadiran selalu digemari para mahasiswa untuk sarapan atau makan siang.

Soto Ngadiran

@kulinerindonesiatop

Soto Ngadiran ini merupakan soto daging sapi. Untuk rasa jangan diragukan lagi. Bahkan banyak artis ibukota yang pernah makan disini lho. Perpaduan kuah soto yang asin dan gurih dengan daging sapi yang melimpah dan empuk, serta tak lupa tauge dan taburan seledri yang membuat soto Ngadiran ini sangat nikmat. Biar semakin mantap jangan lupa tambahkan sambal dan juga perasan jeruk. Seger banget deeeh !!

Semangkuk soto campur dihargai 11.000 dan soto pisah seharga 13.000. Kalau makan soto Ngadiran rasanya nggak pas kalau tak pakai tempe mendoan. Kalian bisa menemukan satu kotak besar berisi tumpukan tempe mendoan yang siap dijadikan hidangan pendamping soto. Seperti warung soto lainnya, soto Ngadiran juga menyediakan sate ayam yang gurih.

Alamat : Jalan Sanca,Caturtunggal VIII no 120B, Karanggayam, Depok Jogja

Buka jam 06.00-17.00

  1. Gudeg Pawon

Makan Gudeg di Jogja memang sebuah ritual wajib wisatawan saat di Jogja. Tapi pernah nggak sih makan gudeg langsung di dapurnya ?? Ada salah satu warung yang sudah melegenda banget nih. Namanya Gudeg pawon ! Pawon dalam bahasa Indonesia berarti dapur. Memang warung gudeg pawon ini berada di dapur. Dimana pembeli bisa melihat langsung proses memasak Gudeg.

Gudeg Pawon

@jogjaku

Meski berada di tengah-tengah kampung, Gudeg pawon ini selalu ramai pembeli. Bahkan bisa habis dalam 4 jam saja. Gudeg pawon ini buka jam 10 malam jadi untuk kalian yang kelaparan saat menjelang malam bisa langsung meluncur ke Gudeg pawon yang rasanya nggak bakal mengecewakan. Saking nikmatnya, pembeli pun rela mengantri demi menyantap sepiring nasi gudeg dengan tambahan lauk tahu, tempe, telur dan ayam.

Salah satu rahasia mengapa gudeg Pawon selain terasa nikmat tapi juga sedap yaitu terletak pada cara memasaknya yang masih menggunakan kayu bakar. Menurut penjual, asap dari kayu bakar ini yang membuat gudeh pawon sangat sedap dan khas.

Alamat : Jalan Janturan no.36, Warungboto, umbulharjo, Jogja

Buka jam 22.00-03.00

  1. Warung Empal Bu Warno

Lelah berburu batik di pasar Beringharjo, pasti perut langsung keroncongan. Langsung saja melipir ke sebuah warung yang masih berada di dalam pasar Beringharjo yaitu di lantai 2. Sebuah warung sederhana namun ramai pembeli ini menyajikan nasi empal yang sangat nikmat. Kenikmatan tersebut didapatkan dari cara memasak empal yang harus diungkep selama kurang lebih 10 jam untuk mendapatkan tekstur empuk yang pas.

Warung Empal Bu Warno

@jogjabikinlaper

Sepiring nasi empal disajikan dengan sambal korek atau sambal bawang dengan sayur lodeh. Yang membedakan warung empal bu Warno dengan tempat lain adalah petisnya yang membuat nasi empal disini tambah nikmat. Kalian juga bisa mengambil lauk tambahan seperti koyor, babat goreng dan iso goreng.. Harga nasi empal ini mulai dari 11.000-17.000 tergantung lauknya.

Alamat : Lantai 2 Pasar Beringharjo

Buka jam 09.15-16.00

  1. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Jawa mbah Mo ini juga termasuk dalam kuliner legendaris di Jogja. Pembeli rela blusukan ke daerah Bantul demi menyantap sepiring Bakmi Jawa mbah Mo ini. Warung Bakmi Jawa mbah Mo ini sudah berdiri sejak 1986 lho.

Bakmi Mbah Mo

@yukjajandijogja

Menu yang tersedia di Bakmi mbah Mo ini yaitu mie godhog dan mie goreng. Keistimewaan dari bakmi ini yakni menggunakan telur bebek yang dinilai menjadikan rasa dari mie godhog maupun mie goreng lebih gurih. Meskipun begitu tak ada rasa amis sedikitpun lho. Sehari-harinya warung

bakmi mbah mo ini bisa menjual 200 porsi, tapi pantas saja karena memang sajian mie Jawa disini sangat berbeda, perpaduan asin dan gurihnya sangat pas. Padahal katanya mie ini tidak pakai merica. Kenapa bisa enak banget ya ??

Alamat : Jalan parangtritis km.11, Code ,Trirenggo, Bantul

Buka jam 17.00-22.00

  1. Mangut Lele Mbah Marto

Satu lagi nih kuliner legendaris di Jogja yang tempatnya blusukan. Warung yang satu ini berada di tengah pemukiman penduduk. Mangut Lele mbah Marto ini memang terkenal di kalangan wisatawan dan merupakan salah satu kuliner yang wajib dikunjungi saat ke Jogja.

Mangut Lele Mbah Marto

@jogjaseni

Sebuah rumah kecil berwarna hijau merupakan tempat mbah Marto berjualan Mangut lele sejak dahulu. Suasana yang dihadirkan saat makan di warung mangut lele mbah Marto adalah berasa lagi di rumah sendiri. Meskipun tempatnya yang terpencil, warung mangut lele ini nggak pernah sepi. Mangut lele ini merupakan lele asap yang dimasak dengan cara yang masih tradisional dengan tungku kayu. Sehingga kalian bisa mencium aroma smoky yang sangat tajam saat menyantap seporsi mangut lele ini.

Lauk-pauknya pun sangat beragam dan kita bisa mengambilnya sendiri sesuai keinginan. Ada gudeg krecek, garang asem, oseng-oseng daun pepaya, serta opor ayam. Jadi untuk yang nggak suka lele jangan ragu untuk berkunjung kesini.

Alamat : Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon ,Bantul (Belakang kampus Isi)

Buka jam 11.00-16.30

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here